Klasifikasi Mahluk Hidup

Hai hai,sobat pembaca. Kembali lagi nih dalam blog ini. Kali ini saya akan membahas mengenai topik tentang Klasifikasi Mahluk Hidup,ini banyak dibahas dalam pelajaran IPA yaitu Biologi. Apa sih Klasifikasi Mahluk Hidup itu ? ,Klasifikasi Mahluk Hidup adalah Pembagian berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri-ciri pada berbagai jenis mahluk hidup. Nah,klasifikasi mahluk hidup yang umum digunakan saat ini adalah klasifikasi enam kingdom (saya disini hanya membahas klasifikasi mahluk hidup berdasarkan kingdomnya saja). Kingdom-kingdom yang tercakup disini adalah kingdom Archaebacteria,Eubacteria,Protista,Fungi,Plantae dan Animalia. Untuk lebih jelasnya mengenai keenam Kingdom ini,mari kita lihat penjelasannya dibawah ini :

1.Kingdom Archaebacteria
Ciri Organisme Arcahebacteria bersifat prokariotik,yaitu tidak memiliki membran inti sel. Kingdom Archaebacteria memiliki metabolisme yang mirip dengan mahluk hidup eukariotik. Archaebacteria banyak yang hidup didaerah-daerah ekstrem seperti gunung berapi misalnya.

2.Kingdom Eubacteria (Bakteri)
Bakteri bersifat Prokariotik dan dibedakan dengan Archaebacteria dilihat dari segi metabolismenya serta dinding selnya. Dahulu Kingdom Archaebacteria dan juga kingdom Eubacteria bersatu dalam Kingdom Monera,namun penelitian lebih lanjut menemukan adanya perbedaan menonjol diantara kedua kingdom tersebut.

3.Kingdom Protista
Pada organisme yang termasuk kedalam kingdom Protista,telah terlihat batas yang jelas antara inti dan organel sel (eukariotik). Anggota Protista diantaranya adalah Alga,Jamur Lendir,dan jamur air

4.Kingdom Fungi (Jamur)
Organisme Kingdom Fungi dipisahkan dari kingdom lainnya karena memliki struktur dinding sel,cara memperoleh makanan,dan cara reproduksi yang berbeda dengan kingdom lainnya. Organisme kingdom fungi memiliki dinding sel seperti tumbuhan,tetapi tidak melakukan fotosintesis. Jamur bersifat Saprofit.

5.Kingdom Plantae
Organisme Plantae (Tumbuhan) merupakan organisme multiseluler yang eukariotik. Hampir semua tumbuhan bersifat autotrof (dapat menghasilkan makanan sendiri) karena memiliki klorofil.

6.Kingdom Animalia
Kingdom Animalia (Hewan) merupakan organisme multiseluler eukariotik yang memiliki sistem saraf dan otot. Hewan tidak memiliki dinding sel dan bersifat heterotrof (mendapatkan makanan dari Mahluk Hidup lain).
2 Kingdom yang berbeda dalam satu gambar

Nah,itu tadi pengklasifikasian mahluk hidup. Lantas bagaimana dengan manusia?,apakah manusia tidak termasuk mahluk hidup?,lalu mengapa manusia tidak termasuk? . Eits,tunggu dulu manusia dimasukkan kedalam kingdom animalia kok,Loh lalu manusia itu hewan ya ? masa kita sama dengan hewan?, ya,dalam biologi manusia dianggap hewan yang telah berevolusi,ingat teori mengenai evolusi yang mengatakan bahwa nenek moyang kita dulunnya adalah monyet,maka dari itu manusia dimasukkan kedalam kingdom animalia. Sekian dulu ya pembahasan mengenai klasifikasi mahluk hidup kali ini,terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan postingan dari kami selanjutnya :D

Last Updated :20/12/15 23:48 WIB
Link copied to clipboard.