Perbedaan Antara Kartu Debit dengan Kartu Kredit

Kartu Debit BNI
Sebagai nasabah bank, anda tentu pernah mendengar kartu debit dan kartu kredit. Kedua kartu ini memiliki perbedaan fungsi, dan juga keunggulan serta kelemahan masing-masing. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan antara kartu debit dengan kartu kredit.


A.Fungsi Kartu Debit dan Kartu Kredit
Dari fungsi, kartu debit dengan kartu kredit tidak memiliki perbedaan. Keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk memudahkan pembayaran ketika kita berbelanja tanpa harus membawa banyak uang tunai.

B.Perbedaan Cara Kerja antara Kartu Debit dengan Kartu Kredit
Meskipun memiliki fungsi yang sama, namun kartu debit dengan kartu kredit memiliki cara kerja yang berbeda. Berikut adalah perbedaan cara kerja antara kartu debit dengan kartu kredit :

    1. Kartu Debit : Kartu Debit merupakan kartu pembayaran secara elektronik yang dikeluarkan oleh bank. Kartu ini memiliki fungsi untuk memudahkan kita dalam melakukan pembayaran. Uang yang digunakan pada kartu debit merupakan uang ANDA dengan mengacu pada saldo tabungan yang anda miliki di bank
    2. Kartu Kredit : Kartu Kredit merupakan kartu pembayaran secara elektronik yang dikeluarkan oleh bank. Kartu ini memiliki fungsi untuk memudahkan kita dalam melakukan pembayaran, namun uang yang anda gunakan, BUKANLAH uang milik ANDA, melainkan uang pinjaman. Nantinya, di akhir bulan akan ada tagihan atas belanja yang anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit, dan tentunya dikenakan bunga seperti pada pinjaman lainnya.

      C.Perbedaan Fisik antara Kartu Debit dengan Kartu Kredit

      Kartu Kredit BNI
      Selain perbedaan cara kerja, adapun perbedaan fisik yang mudah anda bedakan antara kartu debit dengan kartu kredit :

        1. Kartu Debit : Kartu Debit memiliki logo bank terkait dan juga jaringan yang telah bekerjasama dengan bank tersebut seperti Visa/Mastercard. Sehingga kartu ini hanya bisa digunakan di merchant yang terdapat logo tersebut. Pada Kartu Debit, bisa saja tidak menampilkan nama ataupun tanda tangan pemilik dibalik kartu
        2. Kartu Kredit : Berbeda dengan kartu debit, kartu kredit haruslah memiliki nama dan tanda tangan pengguna yang jelas pada kartu.

          D.Keunggulan dan Kelemahan Kartu Debit dan Kartu Kredit
          Kartu Debit dan Kartu Kredit memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Berikut ini adalah keunggulan dan kelemahan dari Kartu Debit dan Kartu Kredit :

          1.Kartu Debit
          Berikut ini adalah keunggulan dari Kartu Debit :

            1. Syarat untuk mendapatkannya mudah. Kartu Debit dapat anda dapatkan hanya dengan setidaknya memiliki tabungan di bank
            2. Anda tidak perlu takut hutang. Karena Kartu Debit akan langsung mengambil uang dari tabungan anda.
            3. Kartu Debit bebas iuran, karena langsung mengambil uang dari tabungan anda.

              Berikut ini adalah kelemahan dari Kartu Debit :

                1. Walaupun uang yang digunakan merupakan milik anda, namun ada kebijakan limit nominal yang digunakan dalam satu transaksi. Sehingga, jika anda melebih limit tersebut, maka akan dikenakan biaya penarikan melampaui batas.
                2. Pada umumnya, kartu debit tidak dapat digunakan ketika anda bertransaksi online. Namun, ada beberapa bank yang memperbolehkannya dengan jumlah merchant yang terbatas.
                3. Kartu debit jarang melakukan penawaran dan pelayanan yang menjanjikan hadiah

                  2.Kartu Kredit
                  Berikut ini adalah keunggulan dari Kartu Kredit :

                    1. Kartu Kredit memungkinkan anda belanja dengan menggunakan uang yang bukan milik anda. Sehingga, meskipun anda tidak punya saldo ditabungan saat belanja, anda tetap dapat berbelanja dengan catatan tidak melebihi limit kredit.
                    2. Kartu kredit bisa memberikan riwayat kredit yang positif untuk Anda. Pelunasan tagihan kartu kredit tepat waktu memungkinkan Anda memperoleh suku bunga lebih baik untuk utang-utang lainnya. 
                    3. Pengunaan Kartu Kredit lebih leluasa, karena banyak merchant yang mendukung pengunaan kartu kredit.

                      Berikut ini adalah kelemahan dari Kartu Kredit :

                        1. Tidak semua nasabah di bank dapat memiliki kartu kredit. Hanya beberapa nasabah yang memenuhi persyaratan saja yang boleh memiliki kartu kredit
                        2. Kartu Kredit dikenai bunga. Sama seperti pinjaman lainnya, setiap belanja yang menggunakan kartu kredit akan dikenai bunga.
                        3. Adanya Iuran Tahunan yang harus ditanggung, seperti bea materai dan bea pembayaran.
                        4. Adanya kemungkinan resiko anda menimbun hutang, karena tidak sanggup membayar tagihan tiap akhir bulan. Hal ini dapat membuat anda memiliki keuangan yang buruk, dan terlilit banyak hutang.

                          Nah, itu tadi penjelasan mengenai perbedaan antara Kartu Debit dengan Kartu Kredit. Bagaimana, anda sekarang sudah mengerti bukan apa perbedaan antara kartu debit dengan kartu kredit? Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian dalam mengetahui mengenai perbedaan antara kartu debit dengan kartu kredit. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D


                          Link copied to clipboard.