Contoh Soal Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks monolog

Contoh Soal Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks monologSebelumnya, kita sudah bisa mengevaluasi struktur isi dan bahasa teks eksposisi. Pada topik ini kalian akan mempelajari bagaimana sebuah teks eksposisi dikonversi menjadi sebuah teks monolog.
Definisi Singkat Teks Eksposisi dan Teks Monolog
Teks eksposisi merupakan sebuah teks yang berisi tentang informasi yang bermanfaat untuk pembaca dengan mengetengahkan pendapat pribadi penulis. Teks eksposisi sendiri terdiri dari tiga struktur pendukungnya. Di antaranya sebagai berikut.
1. Tesis atau pernyataan pendapat. Isi pada bagian ini adalah pendapat dari penulis mengenai sebuah permasalahan berdasarkan fakta yang ada.
2. Argumentasi. Argumentasi dalam hal ini berisi berbagai jenis fakta yang mendukung pendapat atau prediksi dari penulis.
3. Adanya penegasan ulang dari pendapat yang sudah dikemukakan. Penegasan ulang ini berada di paragraf terakhir yang merupakan penguatan terhadap argumentasi yang sudah disampaikan.
Teks eksposisi merupakan jenis teks yang menggunakan konjungsi seperti “pada kenyataannya”, pronomina seperti “saya, kita”, dan argumentasi satu sisi apakah argumentasi yang menolak atau argumentasi yang mendukung.
Sedangkan teks monolog merupakan sebuah teks drama atau seni peran yang dalam penyajiannya akan dibawakan hanya oleh satu pemeran saja di atas panggung. Teks monolog bisa diciptakan secara langsung, berdasarkan novel atau cerpen, juga bisa berasal dari konversi teks lain seperti teks eksposisi.
Langkah-Langkah Konversi Teks Eksposisi Menjadi Teks Monolog
Untuk membuatkan konversi teks eksposisi menjadi teks monolog, ada langkah-langkah yang perlu diperhatikan. Langkah-langkah tersebut di antaranya sebagai berikut.
1. Memilih teks eksposisi.
2. Pilihlah teks yang menarik dan padat. Teks eksposisi yang menarik akan memberikan ruang pada penulis untuk mengekspresikan diri saat melakukan konversi menjadi teks monolog. 
3. Setelah memilih teks eksposisi, ubahlah isi teks menjadi sebuah teks monolog.
4. Teks monolog hasil konversi akan menarik jika penulis bisa mengolah kata sebaik mungkin.
5. Teks monolog selesai dan siap untuk dipentaskan.

Contoh Soal Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks monolog

SOAL 1
“Oleh karena itu, kita sebagai warga desa X yang baik harus mulai menjaga kebersihan desa. Desa yang bersih juga bisa mencerminkan kehidupan warganya.”
Kalimat yang merupakan bagian dari teks eksposisi di atas tersebut termasuk ke dalam ....

SOAL 2
Kalimat berikut yang termasuk argumentasi dalam teks eksposisi adalah ....

SOAL 3
Pertanian merupakan salah satu sektor utama di negeri ini. Akan tetapi, kita ternyata masih sering mengimpor beras dari negara lain. Pada masa ini, kita semua dituntut untuk lebih kreatif lagi, terutama dalam masalah meningkatkan kualitas dan kuantitas ketersediaan bahan pangan seperti beras.
Paragraf tersebut termasuk ke dalam ....

SOAL 4
Bantuan yang disalurkan oleh pemerintah daerah masih belum merata. Ada beberapa wilayah di daerah tersebut yang sama sekali belum tersentuh bantuan. Seharusnya pemerintah daerah lebih mengutamakan wilayah paling terpencil dan sulit dijangkau. Hal tersebut karena wilayah terpencil tersebut sangat membutuhkan bantuan.
Persamaan kata “mengutamakan” dari bagian teks eksposisi di atas adalah ....

SOAL 5
Permasalahan utama yang tengah dihadapi adalah bagaimana tumpukan sampah di sungai tersebut dibersihkan dalam waktu singkat. Ada dua pilihan yang bisa diambil oleh pihak terkait. Menyewa peralatan berat yang canggih ... membersihkan secara manual tetapi dengan konsekuensi akan selesai dalam waktu yang lama.
Kata penghubung yang tepat untuk paragraf teks eksposisi di atas adalah ....

SOAL 6
“Jadi pendidikan itu sangat penting, bukan? Saya saja yang memang hanya berasal dari keluarga biasa, bisa mengerti benar seperti apa pentingnya itu pendidikan. Coba bayangkan, kalau saja pendidikan di negara kita ini terus berkembang dan maju, maka negara ini juga akan ikut maju, toh? (Pak tua itu kemudian berdiri dan mengambil sebuah buku dari meja di sampingnya) Baca, baca, baca! Salah satu hal penting dari pendidikan itu ya membaca.”
Potongan teks monolog di atas berasal dari konversi teks eksposisi. Judul teks eksposisi yang tepat untuk konversi menjadi teks monolog di atas adalah ....

SOAL 7
Salah satu usaha peningkatan ekonomi masyarakat di desa tersebut adalah dengan memberikan modal yang cukup untuk usaha kacang kedelai. Desa X memang terkenal dengan produk kacang kedelainya. Hanya saja masalah modal kembali menggerayangi para petani serta pengusaha kecil olahan kacang kedelai. Oleh karena itu, bantuan modal untuk para petani dan pengolah kacang kedelai di desa tersebut bisa meningkatkan produksi dan juga penghasilan masyarakat setempat.
Teks monolog yang tepat untuk teks eksposisi di atas adalah ....

SOAL 8
Kalimat di bawah ini yang merupakan pernyataan pribadi adalah ....

SOAL 9
Persaingan di dunia bisnis memang tidak terduga. Para pelaku bisnis harus berusaha lebih keras lagi agar bisnis yang dijalankannya bisa terus berlanjut dan tetap memberikan keuntungan. Salah satu cara untuk meningkatkan bisnis yang dijalani adalah dengan terus berinovasi dan memperhatikan apa yang sedang terjadi di pasar.
Paragraf di atas termasuk ke dalam ....

SOAL 10
Kalimat di bawah ini merupakan argumentasi, kecuali ....
Link copied to clipboard.