Contoh Soal Teori Abiogenesis

Contoh Soal Teori AbiogenesisSelain ada ilmuwan yang percaya bahwa makhluk hidup itu berasal dari makhluk hidup sebelumnya--yang disebut sebagai penganut teori biogenesis--ada juga lho beberapa ilmuwan yang percaya bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati. Mereka ini disebut penganut teori abiogenesis. Layaknya keributan mengenai telur dan ayam tadi, perdebatan mereka tak kunjung usai. Satu sama lain saling memberikan argumen melalui percobaan. Hal ini tentu menimbulkan perdebatan yang cukup seru di kalangan ilmuwan. Untunglah, semakin ke sini, perbedaan kedua teori ini menjadi sepi seiring dengan semakin banyaknya bukti kebenaran teori biogenesis dan semakin kurang akuratnya bukti teori abiogenesis. Hingga kini, teori biogenesis menjadi paham yang paling banyak dianut para peneliti evolusi.

2. Konsep Teori Abiogenesis

Konsep teori abiogenesis sebenarnya telah muncul lebih dari 2000 tahun yang lalu. Aristoteles (384–322 SM), seorang filsuf Yunani Kuno, mengamati bahwa belatung (larva lalat) dapat muncul dari daging busuk dan cacing juga dapat muncul tiba-tiba dari timbunan tanah. Oleh karena daging dan tanah merupakan benda mati, maka dia menyimpulkan bahwa contoh dua makhluk hidup tersebut terbentuk secara spontan dari benda mati. Pendapatnya ini kemudian dikenal sebagai Teori Generatio Spontanea.
        Dasar pemikiran Aristoteles ini kemudian memberi ide bagi salah satu ilmuwan modern bernama John Needham (1713–1781). Ilmuwan berkebangsaan Inggris ini lalu melakukan penelitian yang menurutnya mampu membuktikan kebenaran teori abiogenesis tersebut. Percobaannya diawali dengan merebus air kaldu ke dalam botol selama beberapa menit. Kemudian, dia menutup botol tersebut dengan gabus. Setelah beberapa hari, air kaldu yang ada di dalam botol berubah menjadi keruh, berbau busuk, dan ditumbuhi banyak mikroba. Dari percobaan tersebut, Needham berkesimpulan bahwa mikroba berasal dari air kaldu.
        Satu hal yang perlu kalian ketahui, teori abiogenesis banyak dipercaya orang jauh berabad-abad sebelum teori biogenesis ada. Barulah setelah muncul Francesco Redi, teori abiogenesis mulai goyah. Kemudian dengan penyempurnaan dari Spallanzani dan juga Pasteur, teori abiogenesis tergeser oleh teori biogenesis. 

Contoh Soal Teori Abiogenesis

Tokoh yang terkenal dengan teori generatio spontanea adalah ....
Saat makan jambu, Vian menemukan belatung di dalam jambu itu. Menurut Needham, belatung itu kira-kira berasal dari ….
Air keruh yang ada di dalam tabung setelah percobaan Needham, sebenarnya adalah ....
Tabung yang dipanaskan pada percobaan Needham tetap menghasilkan air kaldu yang keruh, sebab ....
Bagi penganut teori abiogenesis, cacing yang muncul dari dalam tanah itu berasal dari ....
Menurut ahli abiogenesis, jika ditanyakan kepada mereka: mana yang lebih dulu telur atau ayam jantan, jawaban mereka adalah ....
Perhatikan peristiwa-peristiwa berikut ini.
1. Anak sapi berasal dari induk sapi
2. Pohon kacang hijau berasal dari tanah yang subur
3. Rumput berasal dari tanah
4. Tanaman perdu muncul dari bebatuan
Peristiwa yang tidak terjadi jika teori abiogenesis itu benar adalah ….
Rayap yang tumbuh di pohon lapuk berasal dari ....
Penganut teori abiogenesis tidak percaya bahwa ....
Hal yang pasti sulit dijelaskan seandainya teori abiogenesis itu benar adalah ....
Tags:
Biologi
Link copied to clipboard.