Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Selain manusia, mahluk hidup yang paling sering kita kenal lainnya adalah hewan dan tumbuhan. Keduannya sama-sama memiliki sel, namun sel daripada keduanya memiliki perbedaan. Perbedaan dari sel keduannya terletak pada bagian membran plasma, sitoplasma, dan vakuola. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel Tumbuhan

Sel hewan dan sel tumbuhan memiliki perbedaan, yaitu di bagian membran plasma, sitoplasma, dan vakuola.

Pada sel tumbuhan, membran plasma dilindungi oleh dinding sel yang tebal dan kuat. Dinding sel ini tersusun atas selulosa yang menjadikan sel tumbuhan memiliki bentuk yang tetap. Sedangkan pada sel hewan, membran plasma tidak dilindungi oleh dinding sel yang tebal dan kuat sehingga bentuk sel hewan menjadi tidak tetap.


Sel Hewan
Pada sel tumbuhan, sitoplasma mengandung plastida atau butir-butir pembawa zat warna, contohnya kloroplas. Kloroplas sendiri adalah plastida yang mengandung butir-butir warna hijau daun atau klorofil yang berfungsi dalam proses fotosintesis. Sedangkan pada hewan, sitoplasmanya tidak mengandung kloroplas.

Pada sel tumbuhan, vakuola terlihat jelas. Vakuola terbentuk akibat perkembangan dinding sel lebih cepat daripada pertumbuhan protoplasma. Vakuola jarang dijumpai pada sel hewan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai perbedaan antara Sel Hewan dan Sel Tumbuhan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi tambahan bagi pembaca mengenai sel. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 
Link copied to clipboard.