Peralatan dan Perlengkapan Pameran

Macam macam perlengkapan untuk pameran - Penyelenggaraan pameran memerlukan kelengkapan ruang pameran yang pas. Proses penyelenggaraan pameran akan berjalan dengan lancar bila didukung peralatan dan kelengkapan pameran seperti ruang pameran, meja, buku tamu, buku pesan, panil, katalog, folder, lampu penerangan dan sound system. Kelancaran proses penyelenggaran dipengaruhi pula oleh kemampuan kerjasama panitia sesuai beban tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Penataan ruang pameran karya seni rupa yang baik akan mendukung kegiatan apresiasi sehingga tercapai tujuan yang di harapkan.

Ketersediaan peralatan dan perlengkapan sangat diperlukan dalam penataan karya seni rupa yang hendak dipamerkan. Terlebih lagi kelengkapan ruang pameran harus pas karena di dalam ruangan ini merupakan tempat untuk memajang hasil karya seni. Beberapa peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam pameran adalah sebagai berikut:
1. Sketsel atau panil
Sketsel atau panil digunakan untuk meletakkan karya seni dua dimensi, seperti lukisan, gambar, atau karya kerajinan hiasan.
Peralatan dan Perlengkapan Pameran

2. Level

Level digunakan untuk meletakkan karya seni tiga dimensi, seperti patung, keramik atau kriya. Bentuk level bisa bervariasi, yang penting dapat membantu penampilan karya agar lebih menarik. Level bisa dipakai untuk meletakkan satu atau beberapa karya sesuai ukuran.

3. Meja dan kursi
Meja dan kursi digunakan untuk buku tamu dan kursi digunakan untuk para undangan pada saat acara pembukaan pameran.

4. Tata lampu atau pencahayaan

Penataan pencahayaan perlu ditata sedemikian rupa agar berfungsi sebaik-baiknya demi penerangan terhadap karya yang dipamerkan. Tingkat pencahayaan dilakukan sewajarnya, tidak terlalu terang dan atau terlalu redup. Pencahayaan terutama diarahkan ke karya yang dipamerkan, bukan kearah pengunjung. Arah pencahayaan yang tepat juga sangat membantu keindahan karya.

5. Dekorasi ruangan
Dekorasi ruangan dibuat untuk mempercantik ruangan pameran, terlebih untuk pameran yang diadakan di dalam gedung (in door).

6. Katalog
Katalog dapat dibuat berbentuk brosur atau buku yang berisi informasi tentang materi yang ditampilkan dalam pameran. Katalog memuat kata sambutan, jenis-jenis karya, data peserta pemeran beserta hasil karyanya (bisa juga diikuti foto).

7. Brosur
Brosur digunakan untuk sarana informasi dan promosi tentang adanya kegiatan pameran yang ditulis secara singkat tetapi lengkap. Brosur berupa cetakan kertas yang umumnya terdiri atas beberapa halaman dalam bentuk lipatan. Brosur dicetak sesuai kebutuhan untuk disebarkan ke masyarakat atau lingkungan sekolah.

8. Buku tamu atau buku kesan dan pesan
Buku ini diletakkan di meja dekat pintu masuk pengunjung dan pintu keluar. Dalam buku tamu berisi kolom catatan yang diisi oleh pengunjung tentang kesan dan pesan atau kritikan terhadap pelaksanaan kegiatan pameran.

9. Sound system
Ini diperlukan pada saat acara pembukaan pameran dan selama acara berlangsung bila ada pemberitahuan penting yang perlu disampaikan kepada panitia ataupun pengunjung.
Tags:
seni
Link copied to clipboard.