Evaluasi Hasil Belajar

Seorang ahli berpendapat bahwa evaluasi terdiri dari penetapan nilai. Dimana penetapan nilai tersebut merupakan penentuan manfaat atau kebaikan relatif dari segala sesuatu yang dievaluasi. Dalam konteks proses belajar di dalam kelas, evaluasi hasil belajar adalah sebuah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar murid, mendiagnosa kesulitas dalam belajar, memberikan perbaikan proses belajar dan penentuan kenaikan kelas dari hasil penilaian.
Baca Juga
- Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indramayu SMP Kelas 9 Semester Genap
- Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indramayu SMP Kelas 8 Semester Genap
- Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indramayu SMP Kelas 7 Semester Genap
- Soal dan Kunci Jawaban PTS Matematika SMP Kelas 9 Semester Genap
- Macam Macam Gerakan Senam Lantai
Secara umum evaluasi hasil belajar menekankan pada didapatnya informasi mengenai perolehan siswa dalam mencapai tujuan pengajaran yang ditentukan. Evaluasi hasil pembelajaran adalah proses sistematis untuk mendapatkan informasi mengenai keefektifan proses pembelajaran dalam membantu murid mencapai tujuan belajar yang maksimal. Evaluasi belajar menyatakan tentang baik atau buruknya hasil kegiatan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran menyatakan tentang baik atau buruknya proses dari kegiatan pembelajaran.
Prinsip dari pembelajaran adalah sahih dimana evaluasi didasarkan pada data yang memperlihatkan kemampuan yang diukur. Prinsip lainnya adalah objektif yang didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tanpa dipengaruhi subjek yang mengevaluasi. Prinsip pembelajaran berikutnya adalah adil dimana tidak menguntungkan atau merugikan murid karena kebutuhan khusus atau karena adanya perbedaan latar belakang seperti suku, agama, status ekonomi dan jenis kelamin. Prinsip pembelajaran yang lain adalah terbuka dimana prosedur evaluasi, dasar pengambilan keputusan dan kriteria penilaian bisa diketahui oleh pihak-pihak yang memang punya kepentingan.