5 Samudra yang ada di Bumi

Di bumi kita ini,sebesar kurang lebih 72% atau sekitar 1.384.000.000km3 permukaan nya ditutupi oleh air,sedangkan sisanya terdiri atas benua dan juga pulau-pulau. Diantara persentase sebesar itu,kurang lebih sebesar 71% nya adalah Samudra. Apakah yang dimaksud dengan Samudra? Samudra adalah laut yang luas dan merupakan massa air asin yang sambung menyambung meliputi permukaan bumi yang dibatasi oleh benua atau kepulauan yang besar. Ada 5 buah samudera yang ada di bumi ini yaitu


1.Samudra Pasifik

Samudra pasifik merupakan samudra terluas di dunia,dengan luas sebesar 179,7 juta km3. Samudra Pasifik terdiri dari 25.000 kepulauan yang mayoritas terletak di selatan khatulistiwa. Samudra Pasifik berbatasan dengan Indonesia Timur,Australia Timur,Jepang,Laut Cina Selatan,Filipina di daerah timur. Sedangkan untuk daerah barat berbatasan dengan Amerika Selatan bagian barat,dan Amerika Utara bagian barat. Titik Terdalam adalah -10.924 m yang merupakan dasar palung terdalam di Bumi Mariuana,sedangkan titik terdangkalnya adalah permukaan laut (0m).

*Ciri Khas Perairan Samudra Pasifik :
~Merupakan Samudra Terluas di dunia
~Dasar samudernya merupakan pusat gempa bagi Jepang dan pantai barat benua Amerika
~Banyak terdapat gunung-gunung laut
~Terdapat arus panas kurosyiwo (黒潮 「くろしお」) dan arus dingin oyashio (親潮 「おやしお」)
~Terdapat gejala iklim global yaitu el nino dan la nina

2.Samudra Atlantik


Samudra Atlantik merupakan samudra terluas ke 2 di dunia dengan luas sebesar 106.450.000 km2. Samudra ini membentuk huruf S,yang memanjang dari bumi bagian utara hingga ke bagian selatan. Samudra ini dibatasi oleh Amerika Utara bagian timur,dan Amerika Selatan Bagian Timur di sebelah barat. Sedangkan di sebelah timur dibatasi oleh Eropa dan Afrika. Titik terendah dari Samudra ini adalah lembah milwaukee di Palung Puerto Rico dengan kedalaman -8.605 m. Titik tertingginya adalah permukaan laut (0m).

3.Samudra Hindia


Samudra Hindia merupakan samudra terluas ketiga di dunia,dengan luas sebesar 68,556 juta km2. Samudra Hindia berbatasan dengan Asia Tenggara dan Australia di bagian timur dan berbatasan dengan India di bagian barat. Titik terdalam dari Samudra Hindia adalah Palung Jawa dengan kedalaman mencapai -7.258 m. Sedangkan untuk titik terdangkalnya adalah permukaan air laut (0m).

4.Samudra Antartika (Laut Selatan)


Samudra Antartika merupakan samudra terluas ke empat di dunia dengan luas sebesar 20.327.000 km2. Samudra Antartika tergolong samudera yang baru disepakati oleh Organisasi Hidrografik Internasional pada tahun 2000. Samudra ini terletak di wilayah Benua Antartika.

5.Samudra Arktik


Samudra Arktrik merupakan samudra terkecil di dunia dengan luas sebesar 14.056.000 km2. Samudra Arktik terletak di kutub utara bumi. Suhu rata-rata di samudra ini adalah -2 derajat celcius yang berarti rata-rata berisi air yang sangat dingin dan juga air yang membeku.

Nah,itu tadi kelima samudra yang ada di bumi. Bagaimana anda sekarang sudah tahu bukan kelima samudra yang ada di bumi ini? Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan para pembaca sekalian. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Link copied to clipboard.