Perangkat Keras Komputer

Suatu Komputer tentu terdiri atas beberapa komponen perangkat keras. Ada 4 Perangkat Keras yang harus dimiliki oleh sebuah komputer pada umumnya yaitu Monitor,Mouse,Keyboard,CPU (Central Processing Unit). Jika salah satu dari keempat perangkat keras tersebut tidak ada,maka komputer tidak akan dapat berjalan dengan baik. Namun,bagi kamu yang sudah ahli mungkin mouse sudah tidak diperlukan karena dapat mengontrol menggunakan keyboard saja. Selain keempat perangkat utama tadi ada perangkat keras tambahan lainnya seperti printer,speaker,kamera,dan lain sebagainya. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai perangkat keras komputer

A.Perangkat Keras Wajib

1.Monitor

Monitor merupakan unit keluaran dalam komputer yang berfungsi sebagai pemberi informasi berupa grafis tampilan dari processor agar pengguna komputer tahu apa yang sedang di operasikan oleh processor. Monitor merupakan perangkat keras yang sangat penting,sebab tanpa adanya monitor mustahil kita dapat menjalankan kompute.

2.Keyboard
Keyboard merupakan unit masukkan dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat untuk memasukkan huruf,angka,karakter khusus,serta sebagai media bagi pengguna untuk melakukan perintah-perintah lain yang diperlukan,seperti membukan file ataupun menyimpan file. Saat ini keyboard tidak lagi menjadi perangkat keras yang penting,sebab teknologi keyboard sudah dapat digantikkan oleh keyboard virtual dengan teknologi touchscreen.

3.Mouse
Mouse merupakan unit masukkan yang berfungsi sebagai perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Pada umumnya,mouse terdiri atas 3 tombol yaitu tombol kiri dan tombol kanan,serta satu buah tombol ditengah yang berfungsi sebagai scroll. Sama seperti Keyboard,saat ini mouse sudah dapat digantikan dengan teknologi touchscreen.

4.CPU (Central Processing Unit)
Sebenarnya CPU bukan mengacu pada sebuah tempat yang didalamnya terdapat berbagai macam perangkat keras,namun rata-rata orang mengertinya bahwa itu adalah CPU. CPU sebenarnya adalah Processor,bukan sebuah tempat yang didalamnya terdapat berbagai macam perangkat keras. Di tempat yang didalamnya terdapat berbagai macam perangkat keras inilah data yang dimasukkan dari keyboard maupun mouse diolah sebelum akhirnya dikelurakan dalam bentuk grafis oleh monitor. Didalam tempat yang kita kenal sebaagi CPU ini terdapat perangkat keras lain seperti Processor,motherboard,RAM,Harddisk dan lain sebagainya.

Selain perangkat utama diatas,ada perangkat-perangkat tambahan lainnya,untuk mendukung berjalannya suatu komputer agar dapat memiliki lebih banyak fitur. Berikut adalah perangkat keras tambahan tersebut.

B.Perangkat Keras Tambahan

1.Printer
Printer adalah sebuah peralatan yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya. Printer sangat dibutuhkan terutama bagi pengguna komputer yang sangat memerlukan untuk pencetakan dokumen,seperti di perkantoran ataupun di sekolah-sekolah.

2.Speaker
Speaker merupakan perangkat keras tambahan yang berfungsi sebagai pemberi informasi dalam bentuk suara. Speaker akan berguna bagi kita yang ingin mendengarkan musik,dan lain sebagainya. Tanpa adanya speaker maka kita tidak akan dapat mendengarkan musik dan berbagai file yang mengandung suara lainnya.

3.Webcam
Webcam merupakan sebuah kamera yang dipasangkan pada komputer. Fungsi dari webcam adalah untuk mengambil gambar dari komputer. Webcam akan dibutuhkan terutama ketika kita ingin melakukan video call lewat komputer.

4.Stablizer

Stabilizer merupakan sebuah alat yang berguna untuk menstabilkan aliran listrik yang masuk ke dalam komputer. Dengan adanya perangkat ini maka kerusakan perangkat elektronik lain yang tidak diinginkan dapat diatasi.

5.UPS (Uninterruptible Power Supply)
UPS merupakan alat yang berfungsi sebagai penyimpan tenaga listrik cadangan,dimana ketika tiba-tiba listrik padam,maka alat ini akan bekerja dan memberikan suply listrik kepada komputer namun jangka waktu yang diberikan tidak lama. Setidaknya,kita dapat menyimpan file kita dan mematikan komputer secara benar agar kerusakan software yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Nah,itu tadi penjelasan mengenai perangkat keras komputer. Selain perangkat keras diatas masih ada banyak lagi perangkat keras lainnya yang tidak disebutkan. Perangkat keras diatas hanyalah perangkat keras wajib dan tambahan yang secara umum digunakan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian agar mengetahui apa saja perangkat keras pada komputer. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel dari kami yang menarik dan bermafaat selanjutnya :D
Link copied to clipboard.