Contoh Soal Langkah-langkah penulisan teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa

Contoh Soal Langkah-langkah penulisan teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasaDalam topik sebelumnya, kalian sudah belajar tentang perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dari 2 teks eksplanasi. Dalam membandingkan dua teks eksplanasi, seseorang harus benar-benar memahami struktur isi serta ciri bahasa dari sebuah teks eksplanasi. Tujuannya adalah agar kedua teks tersebut dapat dibandingkan secara benar.
Dalam pembelajaran kali ini, kalian akan belajar tentang bagaimana cara memproduksi teks eksplanasi kompleks. Sama halnya dengan membandingkan, dalam memproduksi teks eksplanasi pun kalian harus benar-benar memahami struktur isi dan ciri bahasa dari teks eksplanasi. Tujuannya adalah agar kalian bisa menulis teks eksplanasi dengan baik dan benar serta sesuai dengan struktur dan ciri bahasanya.
Sekadar untuk mengingatkan, struktur isi dari teks eksplanasi antara lain adanya pernyataan umum tentang sebuah topik, adanya deret penjelas yang menjelaskan topik, serta adanya penutup atas penjelasan yang sudah dipaparkan.
Sementara ciri bahasa yang digunakan dalam teks eksplanasi antara lain: fokus pada hal-hal yang umum, menggunakan istilah-istilah ilmiah, menggunakan konjungsi klausal, serta menggunakan bahasa yang ringkas, menarik, mudah dipahami, dan jelas.

Langkah menulis teks eksplanasi:
1. Menentukan topik
2. Membuat kerangka karangan
3. Menyusun tulisan sesuai kerangka
4. Menyunting tulisan
• Dalam menulis teks eksplanasi, harus diperhatikan struktur isi dan ciri kebahasaan dari teks eksplanasi. Hal ini akan memudahkan seseorang dalam menulis teks eksplanasi.

Contoh Soal Langkah-langkah penulisan teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa


SOAL 1
Perhatikan langkah membuat teks eksplanasi berikut.
1. Menentukan topik
2. Menyusun tulisan
3. Membuat kerangka karangan
4. Menyunting tulisan
Langkah-langkah yang tepat untuk membuat teks eksplanasi adalah….

SOAL 2
Ciri kebahasaan dalam teks eksplanasi antara lain, kecuali…

SOAL 3
Judul yang tepat untuk menulis teks eksplanasi tentang gempa adalah….

SOAL 4
Kalimat pernyataan umum yang tepat untuk teks eksplanasi tentang kekeringan yaitu….

SOAL 5
Anda tentu pernah melihat pelangi (1). Pelangi terjadi akibat terjadinya pembiasan cahaya yang terjadi ketika sinar matahari dibelokkan oleh rintik-rintik hujan (2). Pembiasan cahaya ini menghasilkan warna-warna indah (3). Spektrum warna-warna indah ini antara lain merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu (4). Warna-warna inilah yang selalu ada dalam setiap gambar pelangi (5).
Dalam paragraf di atas, kalimat yang tidak koheren (padu) adalah kalimat ….

SOAL 6
Gerhana bulan merupakan salah satu fenomena alam yang kini cukup sering terjadi. Gerhana bulan ini bisa terjadi sebagian atau keseluruhan. Gerhana ini terjadi karena penampakan bulan tertutup bayangan bumi.
Kutipan teks di atas merupakan bagian struktur isi teks eksplanasi….

SOAL 7
Konjungsi klausal yang sering digunakan dalam teks eksplanasi antara lain… kecuali …

SOAL 8
Kesadaran warga terhadap kebersihan lingkungan belum juga meningkat. Mereka masih menumpuk sampah di sembarang tempat. Penumpukan sampah dapat menyebabkan terjadinya banjir. Selokan-selokan akan tertutup oleh tumpukan sampah sehingga akan menyumbat jalannya air ketika hujan turun. Kemudian terjadilah banjir. Oleh karena itu, sampah seharusnya dibakar saja. 
Kalimat yang tidak padu adalah kalimat….

SOAL 9
Gehana bulan merupakan fenomena alam yang luar biasa. Fenomena ini membuktikan adanya Tuhan Yang Maha Esa yang mengatur jagat raya.
Kutipan teks di atas merupakan bagian….

SOAL 10
Penyusunan kerangka karangan diperlukan dalam membuat teks eksplanasi karena….
Link copied to clipboard.