Pengertian Pantai dan Jenis-Jenis Pantai

Salah satu kawasan yang sering dikunjungi oleh orang ketika berlibur adalah kawasan pantai. Hal ini dikarenakan di pantai, biasanya terdapat pemandangan yang indah dengan hamparan pasir. Selain itu juga, anda dapat menyaksikan terbenamnya matahari di salah satu kawasan berlibur ini. Namun, apakah pengertian dari pantai sebenarnya, dan apakah pantai yang satu dengan pantai yang lainnya selalu sama? Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai pantai.

A.Pengertian Pantai
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pantai adalah tepi laut atau pesisir. Selain itu juga dapat diartikan sebagai perbatasan daratan dengan laut atau massa air lainnya dan bagian yang dapat pengaruh dari air tersebut.

Wikipedia mengartikan pantai sebagai sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir, dan terdapat didaerah pesisir laut.

B.Jenis-Jenis Pantai
Berikut ini adalah beberapa jenis pantai :

1.Pantai Estuartia


Pantai estuartia adalah pantai yang berbentuk corong akibat pemerosotan dataran rendah dekat pantai. Pantai ini terdapat di muara sungai dan memiliki cukup banyak keanekaragaman hayati. Contoh pantai estuartia : pantai estuartia di timur Inggris, pantai timur Sumatera.

2.Pantai Dalmatia


Pantai dalmatia adalah pantai yang terjadi karena barisan-barisan pegunungan yang terletak paralel mengalami pemerosotan. Contoh pantai dalmatia : pantai dalmatia di Laut Adriatik.

3.Pantai Ria
Pantai ria adalah pantai yang terjadi karena daerah yang tanah tinggi yang berbatasan dengan pantai mengalami pemerosotan. Contoh pantai ria : pantai ria di barat laut Spanyol, dan barat daya Irlandia.

Berdasarkan kecuramannya, pantai dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :

1.Pantai Curam

Pantai Parangtritis (Yogyakarta)
Pantai ini biasanya bergunung-gunung. Pada pantai ini, terdapat banyak tebing-tebing yang curam akibat dari pengikisan oleh ombak pantai. Contoh pantai curam : pantai parangtritis, pantai di selatan pulau Jawa dan barat pulau Sumatera.

2.Pantai Landai

Pantai Kuta (Bali)
Pantai landai adalah pantai yang memiliki permukaan yang cenderung datar. contoh pantai landai adalah : pantai Kuta yang terdapat di Bali

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pengertian Pantai dan Jenis-Jenis Pantai. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai pantai. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀

Referensi : 
1.Tim Abdi Guru. 2008. IPS GEOGRAFI untuk SMP Kelas VII Jilid 1. Jakarta: Erlangga
2.https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai
3.http://kbbi.web.id/pantai
Link copied to clipboard.