Pengertian Manajemen Strategi

Pengertian manajemen strategi diwujudkan pada bentuk perencanaan yang memiliki skala besar dalam artian mencakup semua komponen pada lingkungan organisasi yang telah dituangkan dalm bentuk rencana strategi yang telah dijabarkan menjadi rencana operasional, kemudian dijabarkan dalam bentuk program dan proyek tahunan. Renstra telah dijabarkan menjadi sebuah rencana operasional yang berisi tentang program proyek dan juga sasaran jangka sedang masing –masing itu merupakan keputusan manajemen yang paling tinggi. Dalam menentapkan sebuah rencana operasi harus melibatkan pihak manajemen puncak karena sifatnya mendasar dalam rangka melaksanakan semua misi organisasi, guna mewujugkan, mempertahankan dan juga mengembangkan suatu eksistensi pada jangka sedang dan jangka panjang. Strategi dalam program merupakan suatu proyek untuk mancapai sebuah sasaran dan masing-masing dilakukan melalui fungsi manajemen strategi.
Baca Juga
Secara garis besar inti dari pengertian manajemen strategi adalah suatu kegiatan yang diadakan untuk mengidentifikasi tujuan dari organisasi, sumber daya, dan cara menggunakan sumber daya yang ada, agar bisa digunakan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan. Pada saat ini manajemen strategi harus member pondasi dasar yaitu pedoman didalam mengambil suatu keputusan dalam kegiatan organisasi, hal ini merupakan suatu proses yang saling berkesinambungan. Rencana strategi dari organisasi merupakan salah satu dokumen hidup yang akan selalu dikunjungi bahkan mungkin hal ini dianggap sebagai suatu cairan yang penting karena rencana strategi harus selalu dimodifikasi, seiring dengan berkembangnya informasi terbaru.
Dari adanya pengertian manajemen strategi yang cukup luas diatas, menunjukan bahwa manajemen strategi adalah suatu system yang menjadi satu kesatuan dan mempunyai beberapa komponen yang saling mempengaruhi, saling berhubungan dan semua koponen tersebut bergerak menuju kearah yang sama. Komponen pertama didalam manajemen strategi adalah perencanaan dengan suatu unsure yang berisi tentang visi misi, tujuan dan juga strategi yang paling utama. Komponen keduanya adalah perencanaan dengan unsure tujuan dan pelaksanaan fungsi yang terdapat di dalam organisasi. Baca: Pengertian,Fungsi Dan Unsur-Unsur Manajemen Menurut Para Ahli