Contoh Soal Menyunting Isi Teks Cerita Sejarah Berdasarkan Struktur dan Kaidahnya

Contoh Soal Menyunting Isi Teks Cerita Sejarah Berdasarkan Struktur dan KaidahnyaDalam pelajaran bahasa Indonesia, kamu akan belajar menulis kembali suatu peristiwa sejarah dalam teks cerita sejarah. Sama halnya dengan buku yang akan diterbitkan, teks yang akan kamu tulis pun harus disunting terlebih dahulu sebelum dipublikasikan dan dibaca oleh orang lain. Maka, kamu harus memahami langkah-langkah menyunting teks cerita sejarah. Pada materi ini, akan dijelaskan langkah-langkah menyunting teks cerita sejarah berdasarkan struktur dan kaidahnya. Simak baik-baik, ya!
      Sebagaimana yang sudah dipelajari, teks cerita sejarah memiliki struktur tersendiri, yaitu:
1. Orientasi, yaitu tahap awal teks yang menjelaskan informasi tentang latar belakang situasi cerita sejarah yang diangkat dalam teks. Orientasi lazim disebut sebagai pendahuluan;
2. Urutan peristiwa sejarah, yaitu paragraf inti yang menjelaskan rekaman peristiwa sejarah yang ditulis sesuai urutan waktu terjadinya peristiwa tersebut. Urutan peristiwa sejarah lazim disebut sebagai isi. Isi dapat ditulis dalam beberapa tahapan atau paragraf;
3. Reorientasi, yaitu tahap terakhir yang menjelaskan kembali peristiwa sejarah dan relevansinya dengan situasi saat ini. Tahap ini lazim disebut sebagai penutup. 
      Setelah memahami struktur teks di atas, kamu dapat mulai menulis suatu cerita sejarah berdasarkan struktur tersebut. Namun sebelum teks dipublikasikan, hal yang harus dilakukan adalah menyunting teks terlebih dahulu. 
      Pada tahap awal, menyunting teks cerita sejarah dapat dilakukan dengan memperhatikan struktur teksnya. Menyunting teks cerita sejarah berdasarkan strukturnya berarti memeriksa dan memastikan bahwa teks cerita sejarah yang ditulis telah sesuai dengan struktur tersebut.
      Apabila, teks cerita sejarah yang disunting memiliki struktur teks yang tidak sesuai dengan yang seharusnya, kamu perlu memperbaiki teks tanpa mengubah substansi teks tersebut. Kamu perlu menyusun kembali teks sesuai dengan struktur yang seharusnya. Jika harus mengubah redaksi kata atau kalimat, perubahan tersebut tidak boleh mengubah substansi teks tersebut.
Langkah-langkah yang harus diperhatikan saat menyunting teks cerita sejarah berdasarkan struktur teksnya adalah:
1. Membaca teks cerita sejarah dari awal hingga akhir secara saksama;
2. Menandai paragraf sesuai dengan struktur teksnya, yaitu orientasi, urutan peristiwa sejarah, dan reorientasi;
3. Memastikan teks memiliki struktur yang sesuai dengan kaidah;
4. Memperbaiki struktur teks tanpa mengubah substansi teks tersebut jika teks memiliki struktur yang tidak sesuai dengan kaidah;
5. Menyunting teks berdasarkan bahasa yang digunakannya (dijelaskan dalam materi tersendiri);
6. Mempublikasikan teks cerita sejarah yang telah disunting.
Contoh Soal Menyunting Isi Teks Cerita Sejarah Berdasarkan Struktur dan Kaidahnya


SOAL 1
Kata modern pertama kali dikenal sejak revolusi industri di Eropa pada tahun 1750 hingga 1850. Revolusi industri adalah perubahan secara besar-besaran kehidupan manusia di berbagai bidang, seperti pertanian, manufaktur (1), pertambangan, transportasi, dan teknologi secara umum. Dengan revolusi (2) industri, tenaga manusia yang selama ini diberdayakan untuk segala lini kehidupan mulai dibatasi dan digantikan oleh adanya mesin. Bermula dari Britania Raya, revolusi industri secara cepat menyebar ke Eropa Barat, Amerika Utara, Jepang, dan seluruh dunia. Itulah pertama kalinya dunia mengalami modernisasi. 
      Namun demikian, kemudahan yang diakibatkan revolusi industri tidak hanya berdampak positif. Perubahan secara fundamental (3) di berbagai lini kehidupan menimbulkan dampak negatif. Di antaranya banyaknya perusahan kecil yang gulung tikar karena tidak mampu bersaing di tengah melimpahnya produksi. Selain itu, tingkat pengangguran juga semakin tinggi karena tenaga manusia mulai digantikan oleh mesin. Dampak sosial lainnya adalah tingginya laju urbanisasi sehingga orang-orang mulai meninggalkan wilayah desa yang dianggap kurang potensial.
Paragraf yang tepat sebagai orientasi untuk melengkapi teks cerita sejarah di atas adalah ....

SOAL 2
Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) merupakan forum kerja sama ekonomi yang beranggotakan negara-negara Asia dan Pasifik. Forum tersebut dibentuk pada Desember 1989 di Canberra, Australia. Gagasan pendirian organisasi tersebut juga datang dari Perdana Menteri Australia saat itu, Robert Hawke. 
      Terbentuknya APEC dilatarbelakangi oleh situasi politik dan ekonomi dunia yang kian berubah dengan cepat. Selain itu, kekhawatiran akan gagalnya perundingan Putaran Uruguay juga ikut melandasi terbentuknya organisasi tersebut. Perundingan tersebut berisi mengenai masalah perdagangan bebas antarnegara. Apabila perdagangan bebas yang dibicarakan dalam perundingan tersebut gagal disepakati, imbasnya adalah munculnya sikap proteksi dari negara-negara maju sehingga memicu ketidakstabilan di negara-negara berkembang.
      Indonesia pernah menjadi ketua APEC pada periode 1994 hingga 1995. Penunjukkan tersebut diputuskan pada pertemuan anggota APEC di Seattle, Amerika Serikat. Sebagai ketua, Indonesia telah berhasil menyelenggarakan pertemuan APEC pada tahun 1994 yang saat itu berlokasi di Istana Bogor. Pada pertemuan APEC berikutnya, diputuskan bahwa perdagangan bebas akan diberlakukan pada tahun 2003 bagi negara maju dan pada 2010 bagi negara berkembang.
Pararagraf paling tepat sebagai tahapan orientasi pada teks cerita sejarah di atas adalah 

SOAL 3
Setelah Perang Dunia II berakhir, muncul dua kekuatan besar di dunia yang disebut dengan negara adidaya. Dua negara adidaya yang saling berhadapan itu adalah Amerika Serikat dan Uni Soviet. Sebagai pemenang perang, kedua negara kuat tersebut kemudian saling bersaing untuk menyebarkan pengaruhnya kepada negara-negara lain, terutama negara berkembang. Persaingan di antara keduanya menimbulkan suatu ketegangan yang disebut dengan Perang Dingin (the cold war). Dunia pun terbagi menjadi dua blok. Blok Barat dan Blok Timur.
      Pada saat Perang Dingin berlangsung, kedua negara yang saling berseberangan tersebut memperkuat sistem persenjataan masing-masing. Selain menyebarkan pengaruhnya untuk berebut sekutu, keduanya saling berhadapan dalam keadaan siap perang. Amerika Serikat telah mengerahkan kekuatan bomnya mengarah ke Uni Soviet, begitu pula sebaliknya. Akibatnya, situasi dunia kembali mencekam dan dihantui oleh bayang-bayang Perang Dunia III yang lebih dahsyat dari sebelumnya.
....
Paragraf paling tepat untuk melengkapi teks cerita sejarah di atas adalah ....

SOAL 4
Membicarakan sejarah tentu berbicara mengenai garis waktu. Garis waktu merupakan cara cepat memahami urutan peristiwa yang terjadi dari masa ke masa. Pembabakan waktu yang diklasifikasi menjadi beberapa periode disebut juga periodisasi. Begitu pula dengan sejarah Indonesia yang mengenal beberapa periodisasi yang diurutkan secara kronologis.
      Periodisasi sejarah Nusantara secara umum terbagi menjadi dua, yaitu zaman praaksara dan zaman sejarah. Zaman praaksara adalah zaman sebelum manusia mengenal tulisan. Zaman ini dapat diidentifikasi berdasarkan peninggalan purbakala yang berupa artefak, fitur, ekofak, dan situs. Adapun zaman sejarah adalah zaman di saat manusia telah mengenal tulisan yang dimulai dengan berdirinya kerajaan-kerajaan tua di Indonesia hingga abad ke-14. 
      Zaman sejarah di Indonesia dimulai dengan masuknya pengaruh Hindu dan Buddha. Hal tersebut dapat terlihat pada kerajaan-kerajaan pertama di Nusantara, seperti Kutai, Tarumanegara, dan Majapahit. Masa ini dikenal juga dengan zaman kuno. Setelah itu, sejarah Indonesia dikenal dengan zaman Indonesia baru yang ditandai dengan masuknya agama Islam hingga berkembang sampai abad ke-18. Setelah masa kolonialisme Belanda dimulai, barulah sejarah Indonesia memasuki babak Indonesia modern hingga memasuki masa kontemporer pada saat ini.
Pernyataan yang tepat sesuai dengan teks cerita sejarah di atas adalah ....

SOAL 5
Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo adalah seorang sejarawan penting yang dimiliki Indonesia. Ia merupakan lulusan Universitas Indonesia tahun 1957. Gelar magisternya diperoleh dari Yale University Amerika, sedangkan gelar doktornya diraih dari Universitas Amsterdam dengan predikat cum laude pada 1968. Sartono menjadi dosen di Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada (UGM) sejak tahun 1957 hingga 1973. Setelah itu, ia diangkat sebagai direktur Pusat Penelitian dan Studi Pedesaan dan Kawasan hingga tahun 1981. Ia juga pernah menjabat sebagai koordinator nasional UNESCO dan ahli peneliti pada Institute of South East Asian Studies di Singapura.
      Ia dikenal sebagai ahli dalam revolusi sejarah, khususnya revolusi petani. Tekadnya yang besar dalam menulih sejarah Indonesia bertujuan agar sejarah Indonesia tidak ditulis ulang oleh peneliti dan sejarawan asing. Menurutnya, hal tersebut dikhawatirkan membuat sejarah Indonesia ditulis dalam konsep Barat. Maka, tidak heran jika Sartono dikenal sebagai sejarawan yang memiliki sikap idealis. Ia juga kerap memunculkan kritik sosial dengan dilandasi ilmu pengetahuan. Kritiknya seringkali dilontarkan untuk menunjukkan keberpihakannya pada kaum miskin yang terpinggirkan.
Peristiwa yang tepat berdasarkan teks cerita sejarah di atas adalah ....

SOAL 6
(1) Setelah dikeluarkan dari penjara, perjuangan Castro terus berlanjut. Setelah bebas, Castro terus menghimpun kekuatan dari para pendukung dan loyalisnya. Pada tahun 1956, Castro bersama pengikutnya kembali berusaha menggulingkan pemerintahan Presiden Batista. Perjuangan selama tiga tahun tersebut pun akhirnya berhasil. Pada tahun 1959, Batista meninggalkan Kuba dan digantikan oleh Castro. Castro pun menjadi pemimpin Kuba selanjutnya.
(2) Sesuai dengan janjinya, Amerika Serikat pun melindungi Kuba dari Spanyol. Perlindungan Amerika Serikat tersebut bertahan hingga tahun 1902. Sampai pada tahun 1933, terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh kelompok revolusioner. Pemberontakan tersebut dipimpin oleh Fulqencio Batista. Akhirnya, Batista berhasil merebut pemerintahan. Namun demikian, Batista memimpin dengan cara-cara diktator. Pada masa kepemimpinannya, praktik korupsi merajalela sehingga rakyat hidup dalam kemiskinan.
(3) Melihat terjadinya perang, Amerika mendukung gerakan tersebut. Hal tersebut juga dilatarbelakangi oleh meledaknya kapal Marine milik Amerika Serikat secara misterius. Padahal, kapal tersebut dikirim untuk melindungi warganya yang terjebak dalam perang kemerdekaan. Amerika Serikat menuduh Spanyol telah melakukan sabotase terhadap kapal tersebut. Maka, Amerika Serikat pun bertekad untuk membantu mengusir Spanyol dari tanah Kuba.
(4) Karena kondisi rakyat semakin memprihatinkan, muncul gerakan untuk menentang pemerintahan Batista. Salah satu gerakan tersebut dipimpin oleh seorang anak muda bernama Fidel Castro. Pada tahun 1953, Castro mencoba melakukan kudeta namun berakhir gagal. Percobaan kudeta tersebut membuatnya harus mendekam di penjara selama lima belas tahun. Namun, Castro dibebaskan setelah menjalani hukuman dua tahun.
(5) Kuba adalah negara kecil yang terletak di benua Amerika. Pertama kali, Kuba ditemukan oleh Columbus pada tahun 1492. Karena Columbus berasal dari Spanyol, Kuba yang ditemukannya pun diklaim sebagai milik Spanyol. Maka, sejak ditemukannya, Kuba menjadi koloni Spanyol. Sekitar tahun 1868 hingga 1878, muncul gerakan untuk menuntut kemerdekaan dari masyarakat setempat. Setelah sempat diredakan, gerakan yang sama pun muncul pada tahun 1895 dan disebut dengan perang kemerdekaan. Perang tersebut dipimpin oleh Jose Marti.
Susunan paragraf paling tepat agar menjadi teks cerita sejarah yang benar adalah ....

SOAL 7
(1) Melihat perkembangan tersebut, beberapa surat kabar berbahasa Melayu mulai muncul pada awal abad ke-20. Surat kabar berbahasa Melayu ditujukan secara khusus untuk masyarakat pribumi, seperti Sinar Soematra (Sumatra), Bromatani (Jawa), Pewarta Borneo (Kalimantan), dan Pewarta Manado (Sulawesi). Pada awalnya, kemunculan surat kabar tersebut bertujuan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan masyarakat. Surat kabar menjadi media pendidikan agar masyarakat menjadi terbuka dengan informasi.
(2) Pada masa pendudukan Jepang, pengaruh-pengaruh Belanda dari semua wilayah Indonesia mulai dihapuskan. Begitu pula dalam penerbitan surat kabar, pengetahuan mengenai bahasa dan budaya Jepang mulai disebarluaskan. Dengan alasan membangkitkan kembali kebudayaan lokal setempat, masyarakat digiring untuk mengikuti kebudayaan Jepang. Hal tersebut kian berkembang di antaranya melalui peran penerbitan surat kabar.
(3) Seriring berjalannya waktu, surat kabar pribumi mulai membawa napas perjuangan. Suarat kabar dijadikan sebagai alat untuk menyebarluaskan semangat nasionalisme. Masyarakat dapat bertukar pikiran dan berkomunikasi melalui tulisan di dalam surat kabar. Melihat hal tersebut, pemerintah Hindia-Belanda pun mulai menunjukka reaksi. Selain menekan ruang gerak dan penerbitan surat kabar pribumi, pihak Hindia-Belanda pun menerbitkan surat kabar khusus untuk mengimbangi informasi yang disebarkan oleh surat kabar pribumi. Misalnya, surat kabar Pantjaran Warta dan Bentara Hindia yang diterbitkan pemerintah kolonial.
(4) Surat kabar merupakan media komunikasi yang berperan penting dalam perjuangan bangsa Indonesia. Kemunculan surat kabar telah dikenal di bumi Nusantara sejak awal abad ke-19. Pada awalnya, surat kabar ditujukan untuk konsumsi orang-orang asing, seperti Belanda dan Cina. Setelah adanya gerakan politik etis sebagai praktik dari Trilogi Van Deventer, berita-berita dalam surat kabar juga banyak dibaca oleh masyarakat pribumi, terutama mengenai berita asing dan pengetahuan.
(5) Memasuki era pergerakan nasional, surat kabar pribumi semakin leluasa untuk menyebarkan semangat nasionalisme. Setiap organisasi pergerakan memiliki surat kabar tersendiri untuk menyuarakan ide dan pikiran mereka. Misalnya, Darmo Kondo milik Budi Utomo, Oetoesan Hindia milik Sarekat Islam, Indonesia Merdeka milih Perhimpunan Indonesia, dan Pikiran Rakjat milik Partindo. Semua surat kabar tersebut memiliki peranan yang sangat besar hingga akhirnya Belanda terusir dari bumi Nusantara, digantikan oleh pendudukan Jepang.
Susunan paragraf yang tepat untuk menjadi teks cerita sejarah yang benar adalah ....

SOAL 8
(1) Selain penemuan arkeologis, situs Gunung Padang juga memiliki banyak folklor yang berkembang di tengah masyarakat. Di antaranya adalah kepercayaan bahwa situs Gunung Padang sebagai tempat persemayaman Prabu Siliwangi, raja terbesar dalam legenda Sunda. Ada pula anggapan bahwa Gunung Padang memiliki persamaan dengan Jabal Nur yang merupakan tempat Muhammad Saw. memperoleh wahyu di Mekah, Arab Saudi. 
(2) Gunung Padang merupakan situs megalitikum berupa batu-batuan besar berbentuk segi lima yang membentuk punden berundak. Gunung Padang terletak di ketinggian 885 meter di atas permukaan laut. Masyarakat setempat percaya bahwa situs Gunung Padang merupakan tempat penyembahan para leluhur pada masa silam. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa bebatuan yang menyerupai ruang-ruang tertentu dengan kekhasannya masing-masing, seperti adanya batu musik dan batu kujang.
(3) Beberapa tahun terakhir, Indonesia seolah dikejutkan dengan penemuan arkeologis termutakhir. Penemuan tersebut diklaim telah mengubah sejarah Indonesia, terutama berkaitan dengan peradaban manusia nusantara pada masa lampau. Hal tersebut sekaligus menunjukkan pada dunia bahwa manusia yang hidup di bumi nusantara berabad-abad silam telah mengenal peradaban yang maju dan modern di masanya. Penemuan itu bernama situs Gunung Padang.
(4) Dengan demikian, situs Gunung Padang merupakan kekayaan alam Indonesia yang membanggakan. Penemuan arkeologis yang hingga saat ini terus dilakukan dan diperbarui memberikan banyak kegunaan, baik bagi kehidupan masyarakat maupun bagi perkembangan keilmuan. Selain itu, banyaknya folklor yang berkembang di sekitar masyarakat juga dapat memberikan sumbangan besar bagi perkembangan ilmu kesusastraan. Folklor tersebut dapat dikumpulkan sehingga memperkaya khazanah kebudayaan dan pendidikan.
(5) Selain itu, ada pula mitos mengenai Nyi Sadeah, yaitu sosok perempuan yang dikabarkan menghilang saat peresmian stasiun Lampegan, stasiun kereta terdekat dengan situs megalitikum tersebut. Namun demikian, semua dongeng yang belum terbukti kebenarannya tersebut harus dianggap sebagai kearifan lokal belaka yang memiliki dampak positif bagi kehidupan.
Susunan paragraf paling tepat agar menjadi teks cerita sejarah dengan struktur yang benar adalah ....

SOAL 9
(1) Lebih dari 100 juta orang di berbagai pasukan militer terlibat dalam perang ini.
(2) Perang Dunia II merupakan perang terbesar dalam sejarah dunia. 
(3) Korban Perang Dunia II mencapai 50 hingga 70 juta jiwa, termasuk warga sipil.
(4) Akhir Perang Dunia II ditandai dengan kemenangan blok sekutu atas blok poros.
(5) Maka, perang ini pun disebut-sebut sebagai konflik yang paling mematikan dalam sejarah umat manusia. 
(6) Perang ini pun disebut sebagai perang paling canggih karena mengerahkan segala kemampuan ekonomi, industri, dan ilmiah dari masing-masing negara.
Susunan kalimat yang benar agar menjadi teks cerita sejarah yang tepat adalah ....

SOAL 10
(1) Saat itu, Teuku Umar menyerahkan diri kepada Belanda dan menyatakan bergabung dengan penjajah.
(2) Meskipun tidak mendapatkan pendidikan formal sejak kecil, Teuku Umar tumbuh menjadi seseorang yang cerdas dan kuat. 
(3) Teuku Umar adalah salah seorang pahlawan nasional Indonesia.
(4) Namun, saat berhasil mendapatkan pasukan dan persenjataan dari Belanda, Teuku Umar balik menyerang.
(5) Hal tersebut dibuktikan saat ia bergabung dengan para pejuang dalam Perang Aceh pada tahun 1873. 
(6) Ia dilahirkan di Meulaboh dari pasangan Teuku Achmad Mahmud dengan seorang adik Raja Meulaboh.
Susunan kalimat yang benar agar menjadi teks cerita sejarah yang tepat adalah ....
Link copied to clipboard.