Pendekatan Pembelajaran Kontekstual

Salah satu ciri utama dari pendekatan pembelajaran ini adalah seorang peserta didik bukan hanya diarahkan untuk mempelajari materi pelajaran tertentu saja tetapi juga diarahkan untuk mengalami sendiri secara alamiah apa yang ada dalam materi pembelajaran.
Baca Juga
- Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indramayu SMP Kelas 9 Semester Genap
- Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indramayu SMP Kelas 8 Semester Genap
- Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indramayu SMP Kelas 7 Semester Genap
- Soal dan Kunci Jawaban PTS Matematika SMP Kelas 9 Semester Genap
- Macam Macam Gerakan Senam Lantai
Dengan mengalami sendiri apa yang ada di dalam sebuah materi pelajaran maka para peserta didik akan lebih memahami tentang bagaimana mereka harus menyelesaikan sebuah permasalahan yang dihadapinya. Bukan hanya mempelajari secara teoritis seperti membaca, mengingat dan memahami saja tetapi pengalaman menyelesaikan sebuah permasalahan secara alamiah itulah yang akan menjadikan sebuah pembelajaran yang efisien. Karena di sini secara tidak langsung peserta didik akan mengonsep sendiri bagaimana ia harus menyelesaikan sebuah permasalahan. Sehingga penggunaan pendekatan pembelajaran seperti ini memang benar-benar layak jika kita gunakan pada peserta didik.
Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan tentang pendekatan pembelajaran kontekstual yang dengannya sangat baik karena pembelajaran bukan lagi ditekankan pada hasil pembelajaran melainkan pada proses seorang peserta didik ketika mereka mengalami pembelajaran itu sendiri. Sekian, semoga bermanfaat.